Kamis, 03 Februari 2011

cara edit atau ubah icon operamini menggunakan sonyericsson atau ponsel java

suatu perjalanan yang amat sangat panjang, mengapa tidak bagi saya. untuk belajar yang satu ini amatlah mudah bagi sudah tau begitu pun dengan saya saat ini yang sebelumnya mengalami kerumitan dalam proses pembelajaran. bayangkan! selama kurang lebih 3bulan bahkan lewat mengetahui cara meng edit icon pada aplikasi aplikasi hususnya operamini amat sulit. tapi alhamdulillah kini meng ubah icon atau edit UA dan mengganti splash screen menjadi suatu hal yang ringan.
untuk bahasan kali ini adalah meng ubah icon pada operamini pada ponsel java dan ini telah ter uji tes sukses di hp sonyericsson w200i yang saya miliki dan tak menutup kemungkinan juga hampir sama caranya dengan hp symbian karna perbedaannya hanya pada aplikasi peng edit yang digunakan.
sebelum meng edit atau meng ubah icon nya sediakan dulu aplikasi editor. gunanya untuk mengedit foto atau gambar penggantinya. kalau saya sendiri menggunakan dua aplikasi editor, yakni:
a. MiniCommander.
b. BlueFTP.
c. ClassEditor.

untuk versi kedua aplikasi tersebut saya sarankan untuk menggunakan versi yang ringan dan mudah di operasikan di type ponsel anda.
cara mengubah icon nya sebagai berikut:
- siapkan operamini. tes kali ini menggunakan operamini 4.2 di ponsel w200i. kalau sudah opera nya terinstall, salin dulu ke memory styck. dan yang berformat .jar
- gunakan blueFTP dan masuk ke operamini.jar di e: dan cari operamini yang telah terinstall dan di pindah ke memory styck tadi. jika sudah ketemu, tekan menu > copy. dan paste di folder mana yang kamu mau, misalkan di c:other/ lalu paste.
- lalu buka gambar pengganti dengan minicommander untuk menggantikan icon operamini nya terus rename lah nama gambar tersebut. misal: andilta.png menjadi i.png dan setelah di rename,
- tempatkan jendela kanan minicommander pada operamini.jar yang tadi dipindah (sedang jendela kiri pada i.png barusan). untuk jendela kanannya usahakan ada pada file file didalam operamini tadi dan hapuslah i.png nya dan kemudian tempatkan kursor pada i.png di jendela kanan dan tekan angka atau tombol 5 (sedang jendela kiri pada file file dalam operamini lengkap dengan class class nya). saat menekan tombol 5 akan muncul add to zip dan dbwahnya rincian perpindahan file i.png tersebut, misal c:other/operamini.jar/ lalu OK.
- sudah selesai pengubahan icon nya dan installah operamini yang baru di edit.
disni class editor tidak dipakai.

1 komentar:

  1. dan untuk class editor digunakan sebagai meng edit teks atau kode kode html dan lain lain. di sini class editor tidak di gunakan. dan digunakan pada postingan berikutnya pada judul edit UA atau ganti splash screen. Dan mhon maaf tulisan di atas tidak sempurna dikarenakan keterbatasan karakter teks di hape saya. :p

    BalasHapus

TERIMAKASIH ATAS KOMENTAR ANDA